Blankon Ria – by: Valgi

Blankon Ria………

Kenal Blankon sejak versi 1.0

Perkenalkan, nama saya Valgi, kelas 8 (kelas 2 SMP), saya kenal Linux sejak kelas 3 SD, tapi saya kenal blankon sejak tahun 2006 (kalau tidak salah) waktu itu saya ke Gramedia Bandung, saya ingin beli majalah InfoLINUX, nah disitu ada BlankOn 1.0 RC2, akhirnya saya beli, BlankOn? Sekilas seperti Blank On (baca: bleng on) tapi?? ooh ternyata huruf “O”nya gede!

Ternyata, saya menunggu BlankOn 2 “Konde”, tapi ga rilis-rilis, eeh, baru tau bulan april 2007, katanya sih BlankOn 2 itu ganti basis (dari Fedora ke Ubuntu)! Jadi saya harus belajar ubuntu, karena saya belum tahu bahwa BlankOn 2 ini berbasis ubuntu

Saya akhirnya pindah ke openSUSE 10.2, tapi ini juga masih belum memuaskan saya dan akhirnya saya pindah-pindah distro dan… buset… ubuntu 7.10 + compiz fusion menambah semangat, tapi bagaimana dengan bonus BlankOn 2 ini? Bonus InfoLINUX edisi 01/2008 ini akhirnya ditambah repositorynya, dengan ketik sudo apt-cdrom add, eeh setelah ditambah blankon-artwork, saya masih belum puas, dan… akhirnya saya “nekat” install tuh BlankOn-nya walaupun warnanya juga “biru-merah” doang (alias alternate) ternyata, …. deng…… sama aja koq!!

Pakai Ubuntu aja, gi”

Ini yg di katakan papa saya, jangan “format-install” ulang!

Ya udah, saya turuti aja, kendati ada Blankon 3 “Lontara”, Kelas 8, saya di beliin Wifi, chipset Atheros, deng…. langsung jalan tanpa harus meng-ndiswrapper dari driver windows

Akhirnya, saya bisa mendownload repository http://arsip.blankonlinux.or.id, hasilnya… saya bisa menginstall blankon 3 walaupun cuma tampilannya doang

BlankOn 4 “Meuligoe” hampir rilis, saya harus siap-siap mencoba, akhirnya saya coba… tapi koq cuma tampilannya doang ya?

Tampilan BlankOn 4 dengan kehijau-hijauannya bisa menyegarkan mata, nah disini masalahnya saya tidak bisa menginstall blankon 4 karena saya harus menambah repository ubuntu 8.10 “Intrepid Ibex” dan servernya lambat-lambat, saya coba “nyurfing” disitu ada http://ubuntu.indika.net.id dan saya coba eh cepet ternyata ya udah kalo begitu saya soba tambahkan tu repository dan, saya install blankon 4 + ubuntu interpid, Alhamdullilah…….. jalan juga !!

Ya segitu yg hanya bisa diceritain, yg penting BlankOn Meuligoe saya jalan koq


Wassalam

Valgi (itachi.linux@gmail.com)

Kelas 8 (2 SMP)

======

DATA PENULIS :

Nama: Valgi Virnan Vallian
NIS:  9940168890
Sekolah: SMP Al-Masoem Bandung

6 responses to “Blankon Ria – by: Valgi

  1. hehe, tentu dong dah kenal linux sejak SD, ane bosen ama Win***S yg simpel itu….

    saya bertekad ingin memakai Linux sampe mati!!!

    saya harus “perang” dgn keluarga saya cuma gara2 LINUX

Tinggalkan komentar